Jumat, 30 Juni 2017

Pengaruh Video Game Terhadap Aktivitas Otak


         Video Game, sapa yang tak kenal dengan kalimat tersebut. Sebuah hiburan yang sangat digemari, khususnya dikalangan laki - laki ini membuatnya dikenal orang banyak. Mulai dari game tipe pertarungan hingga tipe tembak menembak ada di video game. Seiring perkembangan zaman, video game kini semakin berkembang yang menambah peminatnya.


         Video game tersendiri memiliki daya tarik sendiri yang membuat pemainnya tidak merasa jenuh ketika memainkannya. Hal ini dikarenakan video game sendiri memiliki konteks visual yang memanjakan mata. Tak hanya itu, ketika bermain video game khususnya game tipe tembak menembak, seseorang dituntut untuk memenangkan game tersebut sehingga seseorang akan terfokus pada permainan tersebut.


              Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Toronto, didapat bahwa seseorang yang memainkan sebuah game tipe Shooting akan merangsang otak yang mengakibatkan ketertarikan terhadap benda visual. Hal ini dikarenakan ketika seseorang memainkan game, seseorang hanya terfokus terhadap gambar visual yang ada di dalam game. 


              Menurut hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa seseorang yang memainkan game tipe shooting akan seketika itu dapat terfokus kepada benda visual disekitarnya. Hal ini sangat berguna ketika seseorang sedang berkendara karena akan selalu fokus terhadap benda visual yang ada didepannya.


              Hal ini terbukti adanya oleh teori dimana otak bagian kanan akan mengembangkan kreativitas, imajinasi. Video game tersebut merangsang otak sebelah kanan agar kinerja otak kanan lebih dimaksimalkan dalam mengembangkan kreativitas dan imajinasi seseorang.

Sumber : National Geographic Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar