Jumat, 30 Juni 2017

Mengenal Otak Kanan dan Otak Kiri Pada Manusia

           Otak merupakan sistem saraf pusat pada vertebrata dan invertebrata. Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Ota mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh seperti detak jantung, tekanan darah, cairan tubuh dan suhu tubuh. 


           Otak terbentuk dari dua jenis sel, sel glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron, sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang dikenal sebagai potensi aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirmkan berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmiter. Neurotransmiter ini dikirimkan pada celah yang dikenal sebagai sinapsis.


          Otak terbagi atas 2 dalam mengatur perilaku seseorang, yaitunya Otak kanan dan Otak kiri.





  1. Otak Kanan
            Otak kanan bekerja atas unsur kreatifitas dan fleksibel, yang mana membuat seseorang yang dominan menggunakan otak kanan dibanding otak kiri akan cenderung menggunakan kreativitas dalam menyelesaikan masalah.
  2. Otak Kiri
            Otak kiri bekerja atas unsur logika dan obyektifitas, yang mana membuat seseorang yang dominan menggunakan otak kiri dibanding otak kanan akan cenderung menggunakan logika rasional dalam mengidentifikasi masalah dan berpikir bagaimana cara menyelesaikannya.

Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar